Membenci Ibnu Taimiyah

8 04 2012

Oleh : Budi Marta Saudin

Tidak sedikit kaum muslimin yang alergi ketika mendengar nama Ibnu Taimiyah disebut. Setidaknya nama pemilik kunyah Abu Al-Abbas itu tergambar sebagai sosok yang bengis, suka mengkafirkan orang, mujassimah, selalu berburuk sangka kepada syi’ah, anti sufi, anti filsafat dan yang terakhir adalah ia sebagai rujukan utama kaum Wahabi yang sering membid’ahkan orang itu. Dikit-dikit bid’ah.

Itulah gambaran Ibnu Taimiyah dimata sebagian kaum muslimin. Saya kira ini adalah vonis yang terlalu terburu-buru dan penilaian dari orang-orang yang tidak suka terhadap beliau karena merasa pemikirannya telah di bredel habis-habisan. Seandainya berbicara jujur, tentu kita akan dapati bahwa beliau adalah diantara sosok ulama yang pernah terlahirkan ke dunia ini. Bagaimana tidak? Karya-karyanya sangat banyak jumlahnya, beliaupun ulama yang banyak memiliki karya dalam bidang aqidah, hadits, fiqih, tafsir bahkan politik. Sosoknya yang gigih dalam memegang kitabullah dan sunnah rosul-Nya membuat banyak orang-orang mencela, ketika didapati banyak pemikiran yang menyimpang tentang asma dan sifat Alloh, maka beliau menulis kitab Aqidah Wasithiyah. Kitab ini membahas keyakinan para ulama salaf dari generasi Sahabat hingga para imam Ahlussunnah tentang Asma dan sifat allah ta’ala dengan disertai dalil-dalil yang kuat. Jika anda masih lebih percaya terhadap cerita ibnu Batuthah tentang keyakinan tasybih dan tajsim Ibnu taimiyah maka saya menyarankan agar anda membaca buku “Aqidah Wasithiyah” ini, maka akan diketahui siapa yang berbicara dusta dan siapa yang benar perkataannya.

Beliaupun termasuk orang yang gigih dalam membela kemuliaan sahabat Nabi, sehingga ketika merebak pemahaman Syi’ah yang selalu menjelek-jelekkan dan bahkan mengkafirkan sahabat Nabi, beliau menulis satu buah kitab yang berjilid-jilid untuk membantah keyakinan keliru mereka. Judul kitabnya adalah minhajussuunah Annabawiyyah. Di kitab ini dijelaskan betapa buruknya keyakinan Syi’ah, dengan berbagai cara mereka selalu melakukan tipu daya dan berusaha untuk memalsukan hadits demi mendukung keyakinannya. Jika anda penganut setia Syi’ah sudah dipastikan bahwa anda sangat membenci Ibnu Taimiyah karena keyakinan anda di telanjangi oleh beliau.

Itulah diantara alasan kenapa orang-orang membenci beliau. Kalau saja bukan karena fanatik buta dan kalau saja mereka mau membaca kitab-kitab karya Ibnu Taimiyah dan menerima kebenaran isi kandungannya, tentulah kebencian itu akan sirna.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: