Syi’ah dan Kejujuran

8 04 2012

Oleh : Budi Marta Saudin

Islam mengajarkan kejujuran, ia merupakan satu buah bukti keimanan seseorang. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kejujuran berarti sifat keadaan jujur, ketulusan hati atau kelurusan hati. Lawan dari kejujuran adalah kedustaan, ia adalah sifat yang sangat tercela. Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

إيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فإنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إلَى الفُجُوْرِ ، وَإنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ

“Waspadalah kalian terhadap dusta, karena ia akan membawa kepada dosa dan sesungguhnya dosa akan membawa kepada neraka” (HR. Bukhori dan muslim).

Dalam ilmu hadits, jika seseorang kesehariannya biasa berdusta maka tidak diterima haditsnya dan bahkan menjadi suatu hal yang biasa kalau membuka kitab rijalul hadits, para imam ahlul jarh watta’dil memberikan gelar alkaddzaab atau dajjaal kepada perowi yang dianggap tukang dusta. Ini menunjukkan kehati-hatiannya para ulama ahlul hadits dalam memilih hadits yang shohih. Sangat sulit memang mempercayai perkataan orang yang kesehariannya selalu berdusta, terlebih bagi yang menganggap dusta itu adalah sebagian dari keyakinannya dalam beragama, inilah yang disebut dengan taqiyah oleh orang yang mengikuti faham Syi’ah.

Syi’ah telah lama memberikan pengaruh terhadap kehidupan beragama di negeri ini, hal ini dibuktikan dengan banyaknya ritual yang dianggap ibadah oleh sebagian masyarakat muslim Indonesia yang mirip dengan ritual syi’ah.

Taqiyah bagi kaum Syi’ah adalah keyakinan yang mesti di yakini dan di amalkan, hal itu tertulis jelas di kitab-kitab rujukan mereka dan juga fakta menunjukkan akan hal tersebut. Jika didapati seorang pengikut Syi’ah di tengah-tengah kaum Sunni maka sudah bisa dipastikan ia tidak akan mengaku sebagai pengikut Syi’ah. Persoalan Sunni-Syi’ah bukanlah sesuatu yang remeh, tapi ini adalah sesuatu yang menyangkut aqidah. Ketika kita meyakini bahwa para Sahabat nabi adalah orang-orang terbaik, maka Syi’ah mengatakan para Sahabat Nabi adalah orang-orang yang terjahat, ketika kita meyakini bahwa Abu bakar Ashhiddiq, Umar bin khotthob, Utsman bin Affan adalah orang-orang yang mulia dan telah dijamin masuk surga, maka Syi’ah mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang telah murtad, di laknat dan masuk ke dalam neraka, ketika kita meyakini bahwa Al-Quran keaslian dan kemurniannya terjaga sampai kiamat kelak, maka Syi’ah meyakini bahwa Al-Quran telah di ubah keasliannya dan disimpangkan maknanya oleh para Shahabat Nabi, ketika kita meyakini bahwa istri-istri Nabi adalah ibu dari kaum mu’minin yang sangat mulia dan tentu mendapatkan surga, maka Syi’ah mencaci makinya bahkan menuduhnya sebagai pezina. Maka apakah perbedaan ini adalah sesuatu yang remeh?.

Untuk mendapatkan pengakuan resmi mereka tentang keyakinan diatas tidaklah mudah, terutama bagi mereka yang hidup di tengah-tengah kaum Sunni karena mereka selalu berdusta. Mereka menganggap bahwa taqiyyah ini juga telah di lakukan oleh Ali bin Abi Tholib dalam membai’at Abu Bakar, Umar, dan Utsman, padahal menurutnya sebenarnya Ali bin Abi Tholib sangat membenci ketiga kholifah tersebut. Juga ketika anak-anak Ali bin Abi Tholib ada yang diberi nama Abu bakar dan Umar, mereka menganggap itu adalah taqiyah. Subhanallah hadza buhtanun adzim justru bai’atnya Ali bin Abi Tholib kepada ketiga kholifah adalah menunjukkan keridhoannya. Adapun anggapan bahwa Ali bin Abi Tholib memberi nama anaknya dengan Abu Bakar dan Umar adalah sebagai taqiyah maka ini juga merupakan satu buah tikaman yang tajam kepada Ali bin Abi Tholib sendiri. Apakah mungkin seseorang memberi nama kepada anaknya dengan orang yang dianggap sebagai musuh? Apakah mau memberi nama anak anda dengan iblis atau setan? Tentu tidak. Justru ini menunjukkan bahwa Ali bin Abi tholib sangan cinta atau jika menggunakan bahasa kita sekarang adalah sangat ngefans kepada Abu Bakar dan Umar rdhiyallahu ‘anhum ajma’in.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: